Mercedes Benz O 500 / Oh 1830


 tidak cuma di kalangan pengusaha bus tetapi juga para fans penggemar bus Mercedes Benz O 500 / OH 1830OH 1830 keluaran terbaru dari Mercedes-Benz yang ketika ini sedang tenar-tenarnya, tidak cuma di kalangan pengusaha bus tetapi juga para fans penggemar bus. Chassis ini memang beda dengan Chassis-chassis sebelumnya. paling mencolok yaitu penggunaan teknologi frame space, dengan teknologi ini menggantikan model chassis konvensional pada umum yang menggunakan besi besar atau ladder frame.


Spesifikasi Teknis  OH-1830
Sumber : PT. Mercedes-Benz Indonesia

Engine          : OM926LA Euro III
Type             : 6 Cylinder in line
Power max   : 300 hp/2200rpm
Torque max  : 1200nm/1400rpm
Dispacement : 7201cm3
Transmission : ZF S6-1550 6 speed
Suspension   : air suspension
Steering       : ZF 8098
Tyres           : 8.25 x 22.5


 tidak cuma di kalangan pengusaha bus tetapi juga para fans penggemar bus Mercedes Benz O 500 / OH 1830

Chassis ini terdiri dari 2 modul, front modul (driver compartement dan front axel) dan rear modul (rear axel dan engine compartement). Engine OH 1830 keluar dari ATPM di hubungkan dengan sebuah chassis sementara yang pendek untuk pengiriman ke karoseri-karoseri, tetapi sesampainya di karoseri akan di lepas menjadi 2 bagian, Kemudian Chassis akan di rancang dan di buat oleh karoseri dengan standart material chassis yang di awasi eksklusif dari pihak Mercy. 
Chassis space frame di bangkit menggunakan pipa-pipa kotak (Bahan Material recomendasi dari Mercy) yang bertujuan untuk menawarkan ruang bagasi yang ekstra besar, sehingga sangat cocok untuk bus pariwisata atau bis antar propinsi dimana penumpang sering membawa barang bawaan yang banyak.

Suspensi depan menggunakan 2 airbellow dengan 4 telescopic shock absorbers. Suspensi belakang menggunakan 4 airbellow dengan 4 telescopic shock absobers. Rem depan dan belakang sudah menggunakan discbrake serta dilengkapi dengan hydarulic retarder dan ABS. 
Chassis O500/OH1830 menggabungkan keunggulan teknologi suspensi dan mesin kepunyaan Mercedes-Benz, menawarkan kinerja tinggi dalam beban yang berat dan kondisi jalan yang tidak menentu. Built-in air suspension dan penempatan mesin di belakang menawarkan kenyamanan dan keamanan untuk penumpang. O500/OH1830 tersedia dalam transmisi otomatis dan retarder terintegrasi.

 tidak cuma di kalangan pengusaha bus tetapi juga para fans penggemar bus Mercedes Benz O 500 / OH 1830
Foto mesin dari Bismania
Dari sisi mesin sendiri OH1830 ini menggunakan mesin tipe OM926LA 6 silinder 7200 cc bertenaga 300hp. Dibandingkan Scania atau Ankai, OH1830 memili mesin yang lebih kecil tapi mempunyai power dan torsi yang cukup besar. 

Sekian review singkat mengenai Chassis OH 1830, tunggu update review berikutnya yang lebih mendalam.





Share on Google Plus