nah bagi yang belu tahu tentanga karoseri simak penjelasan berikut: menurut wikipedia bahasa indonesia, karoseri berasal dari bahasa belanda yaitu carrosarrie yang berati rumah rumah kendaraan yang dipasang diatas kerangka atau chasis. jadi karoseri itu yaitu industri tempat pembuatan body diatas kerangka, entah itu pemasangan body bus, body truck, body ambulance, dll. dan masih saja ada beberapa orang yang menggap bahwa karoseri itu sama saja dengan toko bis, hal itu salah, sebab karoseri hanya menyebarkan body busnya saja.
bukan hanya karoseri adiputro saja yang memiliki sejarah perjalanan yang cukup panjang, namun ada beberapa karoseri bis Indonesia dengan sejarah perjalanan yang dimuai dari nol hingga dengan sesukses Ini.
Sejarah Karoseri yang berawal Dari sebuah bengkel Kecil
hal ini menarik untuk disimak sebab alur ceritanya dan dengan sejarah perjalanan yang dimulai dari titik nol hingga hingga menjadi sebuah karoseri terkenal di indonesia dengan produk body bus yang dapat mudah ditemukan dipelosok nusantara.nah karoseri mana saja yang merupakan karoseri bis dengan sejarah yang dimulai dari sebuah usha kecil....? biasanya karoseri Di Indonesia banyak yang dimulai dari sebuah bengkel kecil, dan sebab kerja keras si pwmilik, berkembanglah usaha tersebut menjadi sebuuah karoseri bis. nah karoseri mana kah itu, oleh sebab itu berikut yaitu karoseri-karoseri bis indonesia yang dimuali dari sebuah bengkel kecil.
1. ADIPUTRO WIRASEJATI
yups...siapa yang tidak kenal dengan karoseri dari malang ini...? karoseri sejuta umat, sebutan itu patut diberikan untuk karoseri adiputro wirasejati asal malang ini, dengan sebutan karoseri kuda jingkrak karoseri ini berhasil memikan hati para onwer bis sehingga mereka tertarik dengan produk adi putro.
dibalik kesuksessan karoseri bis adi putro asal malang, ada sejarah panjang sebelum menjadi sebuah karoseri besar yang ada di Indonesia yang awalnya merupkan sebuah bengkel kecil hasil dari kerja keras 2 buah saudara adik kakak.
Sejarah awal adi putro dimulai tahun 1973, dimuali dari ilham kakak beradik yang bekerja di sebuah perusahaan otomotif, dua saudara ini berpendapat bahwa industri pasar pada waktu ini lebih cenderung kedalam dunia transportasi atau kendaraan pengangkut penumpang daripada pengangkut barang.
mulau saaat itu mereka berdua mulai berkreasi dengan memodifikasi sebuah kendaraan pick up dari mtsubishi colt-T 120, pick up tersebut dimodifikasi menjadi sebuah kendaraan pengangkut penumpang, bentuknya kaya elf.
keberkahan menghampiri usaha 2 saudara kakak beradik ini, banyak kalangan masyarakat merespon baik adanya modifikasi kendaraan beroda empat pick up menjadi sebuah kendaran transportasi pengangkut penumpang, dan pada kesudahannya pada tahun 1973 mereka sepakat membangun sebuah bengkel karoseri kecil yang berfokus pembuatan minibus dari pick up.
puncaknya pada tahun 1975, resmi berditisebuah karoseri yang diberi nama Adi Putro, karoseri ini bermarkas di malang. full pressed Body menjadi salah satu ajaran karoseri adiputro untuk memproduksi sebuah body bus yang sangat memperhatikan kualitas produknya.
seiring perkembangnya waktu, adi putro terus berkreasi membuat body body bus dengan segala macam, dan pada tahun 1980 adi putro mulai meningkatkan produktifitas dengan menambahkan teknologi pengecatan oven yang menjadi terjaganya kualitas cat body. dengan adanya kerjasama dengan Mercedez-Benz di Jerman, adi Putro mengirim sebagian pekerjanya ke jerman untuk mempelajari teknik pembuatan dan perakitan bus.
hingga ketika ini, adi putro menjadi salah satu karoseri bus yang banyak dikenal dengan produk body yang sangat mudah ditemui di Indonesia
2. New Armada
baiklah selanjutnya kita menuju magelang, ada sebuah karoseri ternama di Indonesia, karoseri tersebut yaitu New Armada yang pada waktu IITB2017 gres saja meluncurkan body bus SHD Evolander, sama menyerupai karoseri Adi putro wirasejati, karoseri ini berawal juga dari sebuah bengkel kecil.
sejarah berdiri karoseri new armada dimulai dari usaha bengkel rumahan yang dimiliki oleh orang renta pemilik karoseri new armada, yang mana pemilik new armada yaitu david herman jaya sering membantu pekerjaan bengkel orang tua. sebelum kesuksesannya ia sempat menjadi seorang penjual payung dan pakaian di sebuah pasar di tempat tersebut.
kreasi bapak David dimulai ketika dia mulai merombak kendaraan kendaraan beroda empat Pick Up Colt Diesel mitsubishi T120 yang diubah menjadi sebuah kendaraan penumpang, awalnya dia membuat kendaraan tersebut hanya untuk keperluan pribadi, namun banyak masyarakat yang tertarik dengan kreatifitas David Herman jaya.
kesudahannya melihat potensi yang dimilikinya pak david merekrut 30 orang sebagai karyawan bengkel karoseri mininya, dan banyak pemnat yang daatang juga sehingga pada tahun 1973 pak david mulai berniat untuk membuat izin perusahaan, namun ha tersebut agak sulit di dapatkan sebab pada waktu itu pak david masih muda dengan 21 tahun ia mengajak pamannya untuk membuat surat ijin perusahaan.
setelah banyaknya peminat produk dari pak david, halaman rumah menjadi tak cukup lahan, oleh sebab itu ia memutuskan untuk pindah ke lokasi gres yang merupakan bekas pabrik bihun metroyudan di tempat magelang. kesudahannya pada waktu yang bersamaan berdirilah sebuah perusahaan dengan nama PT. Mekar Armada Jaya yang mempunyai julukan New Armada.
pada pemilu 1981, new armada menyerupai kejatuhan durian runtuh, sebab pada wakt itu new armada ditunjuk sebagai kordinator pengadaan kendaraan beroda empat bagi seluruh camat di Indonesia.
final tahun 1980an, new armada semakin terkenal oleh sebab itu new armada lagi-lagi membuka lahan gres dengan ukuran 18 Hektare, dan juga karyawan yang menjadi 4000 karyawan, investasi yang dilakukan guna meningkatkan produktifitas pun juga dilakukan pada tahun 90an.
nah...sampai ketika ini new armada juga menjadi primadona produksi body bis di Indonesia yang juga ketenarannya tak kalah dengan kuda jingkrak malang, baiklah itu saja mengenai 2 karoseri yang berawal dari sebuah bengkel kecil. biar benrmanfaat dan jangan lupa SHARE.