Spesifikasi Chasis Premium HINO RM 380

sukafotobis.com -  setelah sekian lama setelah Hino RN, secara mengejutkan HINO memamerkan chasis kelas premiumnya di ajang GIIAS 2017, mungkin sebagian mania sudah tahu akan eksistensi chasis ini yang dekat disebut HINO RM 380 ps.

 secara mengejutkan HINO memamerkan chasis kelas premiumnya di ajang GIIAS  Spesifikasi Chasis Premium HINO RM 380

Dalam ajang GIIAS 2017, chasis ini diselimuti dengan body kece dari laksanan yaitu Legacy SR2 HD prime milik Harapan Jaya. Nah, apa saja keunikan dari chasis HINO RM 380 yang satu ini....? untuk itu mari kita simak spesifikasi HINO RM 380 yang eksis di GIIAS 2017.

HINO RM 380

HINO RM merupakan chasis kelas premium yang siap menandingi 2 rival yang terkenal sering mengeluarkan chasis kelas atas yaitu SCANIA dan Mercedes benz, HINO yang terkenal dengan harga yang terjangkau tentu akan menambah nilai jual chasis yang satu ini. Dipastikan banyak perusahan otobus yang tertarik menggunakan chasis premium yang satu ini karena dianggap harganya lebih miring.

Mesin

Dengan mesin yang bertipe E13C-UT bus ini memiliki tenaga sebesar 380 ps / 1800 rpm, dengan muatan silinder sebesar 12.913cc Common rail, perlu kalian ketahui ada varian HINO RM 390, namun varian tersebut hanya ditemukan di malaysia, perbedaannya dengan yang ada di Indonesia terletak pada besar ps yang sebih besar.

HINO RM dibekali dengan kemampuan teknologi commonrail sehingga bus ini memiliki torsi besar, namun irit materi bakar serta ramah lingkungan.

  • MODEL: E13C-UT
  • TYPE: Diesel, Direct Injection, Water Cooled, Overhead Camshaft, 4 Cylinder Vertical, 6 Cylinder in-line
  • Cc: 12.913cc
  • Output Maksimal (JIIS GROS) 287kw(380 ps) per 1800rpm
  • Torque Maksimal: 1952np(199kgfm) per 1100rpm
  • MAX. Engine Speed: 1800rpm
  • Air Intake System: Turbo charged and intercooled
  • BORE and STROKE: 137mm x 146mm
  • FUEL INJECTION SYSTEM: Electronic Control Commonrail type with aneroid compensator.

PERFORMA

  • Performace Max Speed : 100km/jam
  • G.V.W Rating: 18000kg
  • GradeAbility (tan 0)%: 50.1

Transmisi

Transmisi pada HINO RM dilengkapi dengan teknologi Retarder yang memiliki kegunaan untuk mengurangi frekuensi pengereman, karena retarder pada chasis ini merupakan Ren berjenis non friksi alias tanpa goresan cara kerja rem ini berbeda dengan rem biasa yang memanfaatkan gaya gesek namun retarder memperlambat laju kedaraan.

Teknologi yang menempel pada transmisi HINO RM yaitu adanya fitur Over drive yang dipercaya dapat mengrangi materi bakar sehingga mengurangi pengeluaran biaya operasional bus bagi para pengusaha PO hal ini sangat menguntungkan.

  • MODEL: ZF 6S191OBO
  • No Of SPEED: Manual 6-Speed
  • RATIO: (1st - TOP): 6435-0.805
  • TYPE: six Forward and One Reverse, Over Drive, Sycrhomesh 1st-6th with retarder

Air Suspension

HINO RM 380 sudah dilengkapi dengan Air suspension yang tentunya menambah kenyamanan pada penumpang dibandingkan dengan per daun maupun leaf spring. Pada bab roda depan dilengkapi dengan 2 balon yang dilengkapi dengan shock absorber dan stabilizer, sedangkan pada bab ban belakang dilengkapi dengan 4 balon udara, stabiliser, dan katup pengatur ketinggian.

DIMENSI

 secara mengejutkan HINO memamerkan chasis kelas premiumnya di ajang GIIAS  Spesifikasi Chasis Premium HINO RM 380

  • WheelBase - WB: 6000mm
  • Overall Height - OH: 1840mm
  • Overall Width: 2450mm
  • Overall Length: 11985mm
  • Front Overhang: 2400mm
  • Rear Overhang: 3585mm
  • Rear Thread: 1820mm
  • Turning Radius: 9500mm

FUEL CAPACITY

  • 350L
kini HINO RM sudah mempunyai 2 Rival nyatanya yang sebelumnya sudah berkeliaran di jalanan Indonesia yaitu SCANIA K380ib dan Mercedez Benz 1836. alasannya yaitu HINO RM menghadirkan chasis premium dengan harga yang cukup miring.

Share on Google Plus