Apa Sih Bus Double Decker / Bus Tingkat

 merupakan salah satu model bus dengan lantai bertingkat Apa sih bus Double Decker / Bus tingkat
Double Decker bus atau bis tingkat merupakan salah satu model bus dengan lantai bertingkat, dan yang paling terkenal untuk bus tingkat di Indonesia yaitu werkudoro yang merupakan bus tingkat di Kota Solo Jawa tengah hasil buah karya Karoseri Trisakti model Phoenix. Kemudian yang terbaru yaitu bus double decker dari PO Nusantara yang dibentuk oleh karoseri milik mereka sendiri yaitu Karoseri Gemilang Nusantara  begitu juga kabarnya Pemprov Jakarta juga akan menghadirkan 5 unit bus tingkat sebagai sarana rekreasi keliling kota Tua di Jakarta.

Jika kita lihat Bus tingkat paling terkenal yaitu di luar negeri terutama di negara Inggris yang terkenal dengan Lodon bus yang merupakan double decker pertama. Dan pembuat bus paling banyak menciptakan model bus tingkat yaitu Neoplan dan juga ada karoseri asal Brazil Marcopolo yang juga mempunyai model bus double decker.

Nah supaya lebih terperinci ibarat apa model bus double decker berikut beberapa foto bus double decker:

1. Werkudoro bus SOLO
Mobil bus tingkat ini  dibuat oleh karoseri Trisakti dengan model Phoenix terdiri dari dua lantai atas dan bawah. Pada bab atas tidak semua tertutup oleh beling alasannya yaitu dibagian belakang masih ada yang terbuka yang tujuannnya supaya lebih leluasa.
 merupakan salah satu model bus dengan lantai bertingkat Apa sih bus Double Decker / Bus tingkat
Bus Tingkat Solo

2. Bus Tingkat PemProv DKI Jakarta
Nah untuk bus tingkat pariwisata DKI Jakarta terdiri dua lantai dan lebih banyak beling sehingga memang sangat cocok sebagai transportasi Tour tempat rekreasi. Dimana pada lantai atas juga tidak diberi atap supaya pengunjung lebih leluasa dalam menikmati pemandangan di kota Tua, Jakarta.
 merupakan salah satu model bus dengan lantai bertingkat Apa sih bus Double Decker / Bus tingkat
Bus tingkat DKI Jakarta
3. Bus tingkat PO Nusantara
Nah kalau yang satu ini merupakan bus tingkat paling fresh di Indonesia alasannya yaitu kemunculannya masih menjadi materi percakapan penggemar bus di Indonesia.
Karena yang menarik bus tingkat ini berjalan di atas mesin dan chassis MAN R37 triple Axle dan juga dibentuk oleh karoseri yang terhitung masih muda yaitu Karoseri Nusantara Gemilang.
Perbedaannya dibanding kedua bus tingkat yang yaitu bus tingkat PO Nusantara mungkin bukan untuk bus keliling suatu tempat wisata tertentu alasannya yaitu bab atap dan modelnya sanggup diperuntukan untuk jarak tempuh yang lebih jauh meskipun tidak sejauh dan senyaman bus single decker jika dalam perjalan jauh.
 merupakan salah satu model bus dengan lantai bertingkat Apa sih bus Double Decker / Bus tingkat
Bus Tingkat PO Nusantara

Nah dari beberapa pola diatas masih banyak bus double decker yang pernah beroperasi di Indonesia ibarat Jakarta, Surabaya, Makasar, Bandung dan lainnya.

Sejarah bus tingkat
Awal mula bus tingkat di kembangkan di Inggris terutama di kota London alasannya yaitu memang sangat cocok kalau di gunakan didalam kota untuk mengangkut banyak orang sekali jalan kalau dibandingkan bus single decker. kemudian setelanh Inggris disusul oleh beberapa negara ibarat Sri langka, Hongkong, Singapura, Kanada, Jerman dan lainnya termasuk Indonesia.
 merupakan salah satu model bus dengan lantai bertingkat Apa sih bus Double Decker / Bus tingkat
Lodon bus
Dan untuk bus tingkat sendiri ada yang sangat terkenal alasannya yaitu memang modelnya sudah modern yaitu buatan karoseri Marcopolo Brazil dan buatan Neoplan.
1. Neoplan Starline dan Neoplan Skyliner

 merupakan salah satu model bus dengan lantai bertingkat Apa sih bus Double Decker / Bus tingkat
Bus tingkat Neoplan Skyliner

 merupakan salah satu model bus dengan lantai bertingkat Apa sih bus Double Decker / Bus tingkat
Bus tingkat Neoplan Starliner

 merupakan salah satu model bus dengan lantai bertingkat Apa sih bus Double Decker / Bus tingkat
Bus Tingkat Paradiso 1800 G7 Marcopolo
Jika dilihat memang sangat menarik dan lezat di pandang alasannya yaitu model bus tingkat memang berangasan alasannya yaitu tinggi besar tetapi perlu di ingat sebetulnya tingkat keamanan bus tingkat lebih rendah di bandingkan dengan bus single decker. Hal ini pernah terjadi di amerika dengan operator Megabus dimana driver lupa sedang mengendarai bus double decker yang sebelumnya terbiasa dengan single decker, terjadi kecelakaan bab lantai atas menabrak jembatan yang rendah.

Kelebihan dan kekurang Bus tingkat (Double Decker)
Kelebihan
a. Dapat menangakut penumpang lebih banyak.
b. Jarak padang lebih leluasa (Lantai atas)
c. Pemakaian Jalan ekonomis dibanding bus Gandeng (artikulasi)
d. Cocok untuk tempat yang mempunyai trayek angkutan deman tinggi.

Kekurangan
a. Tingkat keamanan rendah, tidak stabil alasannya yaitu titik berat berada di bab atas (Center of gravity).
b. Tidak cocok dipakai untuk medan jalan berkelok dan tidak rata
c. Tidak semua jalan sanggup dilalui alasannya yaitu keterbatasan  tinggi dan kelandaian jalan.
d. Penyandang cacat dengan dingklik roda tidak sanggup duduk di lantai atas.

Nah itu tadi sekilas mengenai bus tingkat (double decker) semoga bermanfaat.

Sumber: 
-Neoplan
-Marcopolo
-bismania.com
-wikipedia

Share on Google Plus