Design Bus kali ini merupakan model kiriman dari rekan kami mas Arif yang mencoba menyebarkan model dari Jetbus Adi putro biar lebih segar. Kita tahu model bus gres yang didominasi produsen karoseri adi putro dengan jetbus-nya berefek pada monotonnya pemandangan di jalan. Jetbus dan jetbus lagi :D. Sejak pertama launching pada arena IIMS 2011, sampai ketika ini sudah mendekati 2 tahun dan tentu sudah ribuan armada menjejali jalan raya. Dengan kuota produksi di kisaran 2000-an unit lebih per tahun menimbulkan varian ini produk sejuta umat.
Karena hal itu pula maka beberapa owner bus berinisiatif memperlihatkan ciri khusus pada bis yang dipesannya untuk membedakan dengan varian jetbus lainnya. Ada beberapa sebutan yang sering kita jumpai misalnya, super jetbus (po. subur jaya), Erobus fd (po. efisiensi), sp jetbus, jetbus +, jetbus star dan lainnya. 'Varian' tersebut sebetulnya lebih kepada gimmick marketing untuk meningkatkan image special untuk armada -armada po tersebut. Secara kebetulan, 2 nama po yang disebut pertama juga yakni pedagang bis. Dari produsen resminya sendiri untuk big bus hanya mengeluarkan varian Hi Deck (HD) & non HD, masih dengan badge Royal Coach.
Berkaca pada hal tersebut dapat diindikasikan bahwa sebetulnya konsumen mulai menginginkan varian gres yang tidak lagi pasaran. Tentu masih dengan standard produksi yang sama, dengan badge adi putro yang begitu menghipnotis dengan image produk kelas atasnya.
Bertepatan dengan kemunculan produk gres Comfort Class dari SETRA, produsen karoseri bis asal negeri Bavaria. Setra maupun model travego (MB) yang merupakan kiblat model dari AP cukup dapat menjadi referensi. Untuk menciptakan varian gres dari jetbus tidak perlu mengganti total rancang bangkit yang ada, cukup minor change di beberapa pecahan yang menjadi titik identitas sebuah model bus. Dengan sentuhan di beberapa sektor tersebut sudah menciptakan tampang gres tanpa perlu riset berlebih. Dengan kata lain dari segi waktu dapat cepat dan tentu dari sisi biaya juga ringan.
Jetbus New Sprinter |
Jetbus New Sprinter |
Jetbus New Sprinter |
Bagian yang dimodifikasi:
1. Sektor pintu depan beserta pilar B
Garis beling pintu depan kembali ke kala model sebelumnya, setra selendang & sprinter. Variasi 3d selendang cukup berhenti pada titik pertemuan dengan garis chrome bawah kaca, di atas logo RCE.
2. Sektor Cowl belakang
Ada dua opsi untuk penggunaan brake lamp; lampu original jetbus atau model vertikal aeroqueen dengan sirip-siripnya. Lampu kucing pada bumper dibentuk standar ibarat model legacy sky.
3. Sektor beling samping SW5 (kaca paling belakang)
Tambahan aksen jalan masuk warna hitam yang meneruskan garis chrome bawah kaca. Cukup memainkan metode cat tanpa harus menciptakan stok beling yang baru.
Catatan Designer : Gambar-gambar konsep varian NEW SPRINTER ini hanya wujud khayalanku saja. Hasil pengembaraan fantasi akan sebuah kecintaan pada dunia otobis. Dengan kata lain tidak ada dalam dunia nyata.
Buat rekan - rekan yang mempunyai design bus dan ingin di publikasikan di website kami silahkan kirim Disini