PO SAN sebagai salah satu perusahaan otobus yang ketika ini sedang hangat dibicarakan penggemar bus Indonesia dikarenakan telah menambah Armada busnya dengan Chassis SCANIA K360 IB dengan body Karoseri Tentrem ScorpionX.
Mungkin ini gres pertama kali PO SAN menggunkan Chassis SCANIA, alasannya yaitu selama kami pernah berkunjung kesana kebanyakan Chassis yang dipakai yaitu Golden Dragon atau Volvo dengan mesin Weichai dari China. Tidak heran bila PO SAN menyebut armada Bus nya " SANCHAI" yang artinya PO SAN bermesin Weichai. Satu hal yang menarik dari PO SAN yaitu meskipun mereka mengerjakan body bus nya di Karoseri mereka tidak serta merta mengikuti apa yang menjadi produk standar karoseri.
PO SAN selalu meminta karoseri mengerjakan dengan kanstruksi versi PO SAN, jadi meskipun model sama dengan PO lain rancangan konstruksi PO SAN berbeda.
Mungkin ini gres pertama kali PO SAN menggunkan Chassis SCANIA, alasannya yaitu selama kami pernah berkunjung kesana kebanyakan Chassis yang dipakai yaitu Golden Dragon atau Volvo dengan mesin Weichai dari China. Tidak heran bila PO SAN menyebut armada Bus nya " SANCHAI" yang artinya PO SAN bermesin Weichai. Satu hal yang menarik dari PO SAN yaitu meskipun mereka mengerjakan body bus nya di Karoseri mereka tidak serta merta mengikuti apa yang menjadi produk standar karoseri.
PO SAN selalu meminta karoseri mengerjakan dengan kanstruksi versi PO SAN, jadi meskipun model sama dengan PO lain rancangan konstruksi PO SAN berbeda.
Kita ambil referensi yang terbaru ScorpionX PO SAN di bandingkan dengan ScorpionX PO Harapan Jaya. Secara general tidak ada yang berbeda, tapi coba teliti lebih dalam bahwa konstruksinya terdapat perbedaan dan cara paling gampang untuk melihat perbedaanya yaitu pada sisi pintu darurat, semua armada bus PO SAN tanpa pintu darurat.
ScorpionX PO SAN Vs ScorpionX Harapan Jaya |
Pertanyaan, mengapa PO SAN menciptakan semua armada busnya tanpa pintu darurat ?
Jawabannya yaitu "Kekuatan" dimana semua armada bus PO SAN melalui jalur sumatera yang kita tau jalannya tidak semulus pulau jawa. PO SAN beranggapan dengan adanya pintu darurat maka pilar-pilar horizontal lambung terputus, sedangkan pada sebelah kiri sejajar dengan dengan pintu darurat juga terdapat pintu keluar. jadi kekuatan body bus hanya mengandalkan pipa pada roof dan juga pipa pada lantai saja. Makara tidak heran bila pada roof bab atas pintu darurat atau di atas pintu belakang kita sering melihat retak atau patah.
Oleh alasannya yaitu itu PO SAN selalu menciptakan armada bus nya tanpa pintu darurat sehingga kekuatan body sanggup lebih baik. Meskipun secara konstruksi Chassis PO SAN juga mempunyai racikan sendiri berbeda dengan PO lainnya untuk menjamin Armada busnya melalui medan yang terjal di Sumatera. Lihat juga Evonext Versi PO SAN juga terlihat lebih tinggi dan kokoh meskipun evonext PO SAN ini tidak di sebuh Evonext HD tetap saja lebih tinggi dari pada evonext standart.
Untuk Foto-foto bus PO SAN ScorpionX - Scania K360 IB : Cooming soon .. :)
Nah sedangkan dalam Peraturan Pemerintah NO 55 tahun 2012 disebutkan ihwal syarat-syarat terusan darurat. Ini yang sedang menjadi perbicangan, alasannya yaitu dalam hukum pemerintah memang tidak di sebutkan terusan darurat harus berbentuk pintu.
Jadi berdasarkan Anda bagaimana, "setuju" atau "tidak" bus tanpa pintu darurat ?