contoh gambar klakson |
Pada rubrik sejarah kali ini Karoseri Indonesia akan mengupas mengenai sejarah klakson. Siapa yang tidak mengenal klakson? Klakson yaitu komponen yang ada di setiap produk otomotif. Secara morfologis, klakson berasal dari kata Yunani kuno yaitu klazo yang berarti menjerit. Sebutan klakson sanggup berbeda di setiap negara. Di Rumania dan Belgia disebut claxon, sedangkan di Perancis disebut dengan nama Klaxon.
Klakson pertama kali ditemukan oleh Miller Reese Hutchinson, yang masih mempunyai hubungan saudara dengan Thomas Alfa Edison. Pertama kali klakson diaplikasikan pada sebuah kendaraan beroda empat yaitu pada tahun 1908. Sumber tenaga dari klakson tersebut berasal dari sel baterai kering berdaya 6 volt . Pada tahun 1911 untuk pertama kalinya diperkenalkan arus listrik yang sanggup diisi ulang memakai media sebuah baterai.
Klakson diciptakan sebagai tanda peringatan terhadap kendaraan lain dan sebagai alat identifikasi bagi orang/pihak lain untuk mengetahui kehadiran sebuah kendaraan. Tingkat kekerasan bunyi (loudness) setiap kendaraan berbeda, diubahsuaikan dengan besar kecilnya dimensi kendaraan. Kendaraan yang mempunyai ukuran kecil, bunyi klakson akan kecil pula, sedangkan kendaraan yang mempunyai bentuk yang besar akan mempunyai bunyi klakson yang keras. kalau pada bus sudah ngerti kan ciri khas bunyi klaksonya "Tolelot' :D meski itu bukan standart bunyi klakson pada bus.
Sebuah klakson kendaraan beroda empat sanggup terdengar sebagai sebuah tanda. Banyak kendaraan beroda empat glamor mempunyai klakson yang terdengar halus sementara klakson pada kendaraan kendaraan beroda empat ekonomi yang lebih renta mungkin terdengar cengeng. Hal ini juga dilakukan untuk menciptakan kendaraan lebih diidentifikasi kepada orang lain. Setiap moda transportasi mempunyai ciri khas bunyi klakson masing-masing. Sebagai contoh, klakson pada kereta api tentu akan berbeda dengan klakson yang ada pada sebuah kapal bahari maupun sebuah bus.
Untuk menghasilkan bunyi saat klakson ditekan, elektromagnet dipakai untuk menjadikan diafragma baja untuk bergerak. Getaran pada electromagnet dari diafragma bergerak menuju magnet. Ketika diafragma tersebut akan dipindahkan ke titik maksimum menuju magnet, koneksi dilepaskan, setalah diafragma hingga ke magnet,kemudian dipakai baja untuk memantulkan kembali geratan diafrgama dari elktromagnet. Siklus ini berulang merata dan menjadikan diafragma untuk memutar bolak-balik menghasilkan bunyi klakson.
Nah jikalau artikel ini menarik silahkan like, komentar atau bagikan :)