Sekilas Ihwal Suspensi Udara Pada Bus

Berkenalan dengan Suspensi Udara pada bus Sekilas perihal Suspensi Udara pada bus
Belakangan ini, teknologi suspensi udara atau yang biasa dikenal air suspension tengah berkembang di dunia transportasi bus AKAP baik di pulau jawa maupun di luar pulau jawa. Terutama dikala kemunculan chassis kelas premium menyerupai OH 1830, OH 1836 dan juga Hino RN. Suspensi udara di nilai mempunyai tingkat kenyamanan yang lebih prima dibandingkan dengan suspensi sebelumnya yaitu leaf spring atau biasa dikenal dengan ‘per daun’.


Berkenalan dengan Suspensi Udara pada bus Sekilas perihal Suspensi Udara pada bus
air suspension MB OH1626
Teknologi suspensi udara (air suspension) sampai dikala ini telah dipakai pada banyak sekali aplikasi kendaraan termasuk kendaraan besar seperti, truk, bus maupun trailer. Air suspension sendiri mempunyai 2 jenis, yaitu jenis balon dan air suspension jenis air silinder.
Air suspension jenis balon mempunyai tingkat keempukan yang lebih mantap dibandingkan dengan air silinder, suspensi ini biasa kita lihat pada chasis bus atau trailer (di Indonesia pengaplikasiannya pada trailer jenis tanker). 

Nah, untuk perawatan air suspension memang sedikit berbeda dengan perawatan suspensi jenis leaf spring, alasannya yaitu untuk mendukung sistem kerja air suspension di dukung oleh banyak komponen, antara lain kabel, kompressor, tabung udara, solenoid, dan pressure gauge
Air suspension mempunyai kelebihan pada bab setting ketinggian suspensi yang di butuhkan, sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalan yang akan dilalui. Untuk itu, sering kita jumpai bus-bus yang dikala di garasi menaikkan atau menurunkan ketinggian suspensinya, alasannya yaitu itulah kelebihan dari air suspension dapat menyesuaikan tingkat kerendahan dan kenyamanan bagi penumpang.
Berkenalan dengan Suspensi Udara pada bus Sekilas perihal Suspensi Udara pada bus
Air Suspension Hino RG-1
Air suspension sendiri dapat dipakai oleh banyak sekali macam kendaraan, tapi tentunya harus menyesuaikan terlebih dahulu kendaraan mana yang akan di aplikasikan memakai air suspensi, ini di butuhkan untuk melaksanakan pemasangan air suspensi yang merupakan bab dari modifikasi (bukan bawaan pabrik), alasannya yaitu bengkel (karoseri) harus menyesuaikan penempatan komponen-komponen yang mendukung kinerja air suspension yang sangat bekerjasama dengan standart dari produsen chassis dan juga proses pembuatan bus di karoseri.

Pemasangan air suspension ini untuk sekelas kendaraan kecil (Sedan, MPV, SUV) pemilik kendaraan harus menyiapkan dana berkisar antara 35-50 juta, dan kisaran 100 jutaan juta untuk pemilik kendaraan bus atau trailer.
Nah itu tadi sekilas mengenai Air suspension pada kendaraan biar bermanfaat lain kali kita bahas lebih detail mengenai suspensi udara ini.

Note: Jika artikel ini bermanfaat silahkan like, komentar dan bagikan via facebook, twitter, google+ dll terima kasih.


Sumber:
www.megakemayoran.com
www.buslovers.com
www.truckspring.com
www.peakdieselperformance.com
Share on Google Plus