Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia pulang kampung lebaran idul fitri ke kampung halaman. Biasanya angkutan umum yang paling banyak dipakai yaitu Kereta Api dan Bus. Karena melaksanakan perjalanan pulang kampung memakai transportasi ini memang lebih kondusif dari pada harus memakai kendaraan langsung apa lagi memakai sepeda motor alasannya yaitu arus pulang kampung sangat ramai dan berbahaya. Nah kali ini kami akan memperlihatkan tips kepada perusahaan Otubus bagaimana merawat armada bus nya sebelum ekspresi dominan pulang kampung lebaran idul fitri yang dipakai untuk membawa pemudik dari pulau jawa ke sumatera, atau ke propinsi lainnya di seluruh Indonesia. Langsung saja berikut Tips Merawat Bus sebelum Mudik Lebaran:
1. Mesin (engine)
Mesin yaitu salah satu bab terpenting dalam sebuah kendaraan jadi wajib dirawat dengan ekstra biar kendaraan khususnya bus biar sanggup di operasikan untuk membawa penumpang yang ingin mudik. biasanya pengecekan kondisi engine meliputi : bunyi mesin, v-belt, kebocoran oli dll.
2. Pelumasan (oil treatment)
Sebuah mesin dan bab teransmisi serta pada suspensi biasanya memerlukan pelumasan yang baik. alasannya yaitu sering terjadi goresan antar komponen oleh karen itu pelumasan sangat di perlukan untuk mengurangi ke ausan tersebut.
Pengecekan mencakup : oli mesin, oli transmisi, oli gardan, dll. Dan pelumasan ini harus di lakukan secara berkelanjutan dan berkala. (maintenance periodical)
Pengecekan mencakup : oli mesin, oli transmisi, oli gardan, dll. Dan pelumasan ini harus di lakukan secara berkelanjutan dan berkala. (maintenance periodical)
3. Pemeriksaan di bab unit Transmisi dan Gardan
Dibagian ini dilakukan investigasi mengenai propeller shaft, gardan, dll, biar bus sanggup beroperasi maksimal.
4. Pemeriksaan di bab unit Understeel
Perawatan ini sangta penting alasannya yaitu bekerjasama dengan keselamatan, dibagian ini aneka macam komponen-komponen yang perlu dilakukan pemeriksaan, mencakup : ketebalan kampas rem, sistem rem, suspensi, spooring, dll.
Kita tahu sebuah engine yang melaju dengan cepat hanya mengandalkan Rem untuk sanggup dikendalikan, jadi jikalau sistem pengereman tidak terawat sangat berbahaya.
Kita tahu sebuah engine yang melaju dengan cepat hanya mengandalkan Rem untuk sanggup dikendalikan, jadi jikalau sistem pengereman tidak terawat sangat berbahaya.
5. Pemeriksaan Sistem Pendingin(cooling system)
Bus merupakan kendaraan yang dipakai untuk perjalan jarak jauh contohnya untuk pulang kampung dari pulau sumatera menuju pulau jawa, dan biasanya bus hanya beristirahat di tempat-tempat peristirahatan atau rest area. Meski bus berhenti tetapi ketika ini mesin bus masih tetap di nyalakan alasannya yaitu untuk menggerakan kompresor AC. Nah alasannya yaitu mesin bekerja maka akan mengakibatkan Panas alasannya yaitu goresan dan pembakaran dalam ruang bakar. Oleh alasannya yaitu itu sistem pendinginan sangat diharapkan sekali biar tidak terjadi overheat. jadi biasanya di lakukan pengecekan bab ini mengenai kondisi air pendingin, radiator, dll.
6. Perawatan Filter Udara
Untuk menjaga biar kondisi mesin selalu fit maka perlu di lakukan pencucian filter udara dari bubuk dan kotoran yang sanggup menghambat kinerja mesin.
7. Pemeriksaan Kelistrikan (Electrical)
Saat perjalan jauh terutama Bus Antar Kota dan bus Antar Propinsi biasanya disebut Bus Malam yang melaksanakan perjalanan di malam hari sangat membutuhkan penerangan yang cukup, oleh alasannya yaitu itu perlu di lakukan pengecekan sistem kelistrikan dan memastikan lampu-lampu (Head lamp, Sein, Stop Lamp, dll) sanggup berfungsi dengan baik.
8. Pemeriksaan Air Conditioner (AC)
Bus PATAS AC, VIP dan bus Eksekutif yang memakai AC sebagai pengatur suhu ruangan dalam bus juga wajib di periksa kondisinya. Pastikan kompresor AC sanggup bekerja dengan baik dan tidak ada kebocoran pada saluran pipa-pipa AC terlebih hingga bocor yang turun melalui Louvre AC sehingga penumpang akan merasa terganggu dalam perjalanan. Pengecekan AC juga mencakup suhu yang di hasilkan dari mesin AC apakah masih sanggup bekerja dengan baik. Karena terkadang kita menemui AC Bus di siang hari tidak terasa hirau taacuh atau sebaliknya di malam hari AC bus terlalu dingin.
Bus PATAS AC, VIP dan bus Eksekutif yang memakai AC sebagai pengatur suhu ruangan dalam bus juga wajib di periksa kondisinya. Pastikan kompresor AC sanggup bekerja dengan baik dan tidak ada kebocoran pada saluran pipa-pipa AC terlebih hingga bocor yang turun melalui Louvre AC sehingga penumpang akan merasa terganggu dalam perjalanan. Pengecekan AC juga mencakup suhu yang di hasilkan dari mesin AC apakah masih sanggup bekerja dengan baik. Karena terkadang kita menemui AC Bus di siang hari tidak terasa hirau taacuh atau sebaliknya di malam hari AC bus terlalu dingin.
9. Pemeriksaan kondisi BAN
Yang tidak kalah penting yaitu investigasi kondisi Ban (Tire), jikalau karet ban sudah halus (Gundul) maka sangat berbahaya jikalau di jalan yang licin. Oleh alasannya yaitu itu pastikan Ban tidak gundul biar ketika dilakukan pengereman, bus tidak tergelincir.
Nah jadi pada pada dasarnya apa pun model bus Anda, apapun PO Anda wajib melaksanakan perawatan secara rutin biar bus sanggup beroperasi dengan baik. Karena hal ini dilakukan demi keselamatan pengendara dan penumpang bus yang berada di dalamnya.
Tidak terlebih juga bagi karoseri di Indonesia biar ketika membangun sebuah body bus juga memperhatikan saluran maintenace biar ketika bus sudah diserah terimakan kepada perusahaan otobus sanggup melaksanakan perawtan armada bus nya. Karena masih banyak yang sanggup ditemui produk karoseri tanpa saluran maintenance.
Semoga bermanfaat dan Selamat melaksanakan perjalanan dengan bus jangan lupa tetap utamakan keselamatan.
Yang tidak kalah penting yaitu investigasi kondisi Ban (Tire), jikalau karet ban sudah halus (Gundul) maka sangat berbahaya jikalau di jalan yang licin. Oleh alasannya yaitu itu pastikan Ban tidak gundul biar ketika dilakukan pengereman, bus tidak tergelincir.
Perawatan kondisi ban |
Nah jadi pada pada dasarnya apa pun model bus Anda, apapun PO Anda wajib melaksanakan perawatan secara rutin biar bus sanggup beroperasi dengan baik. Karena hal ini dilakukan demi keselamatan pengendara dan penumpang bus yang berada di dalamnya.
Tidak terlebih juga bagi karoseri di Indonesia biar ketika membangun sebuah body bus juga memperhatikan saluran maintenace biar ketika bus sudah diserah terimakan kepada perusahaan otobus sanggup melaksanakan perawtan armada bus nya. Karena masih banyak yang sanggup ditemui produk karoseri tanpa saluran maintenance.
Semoga bermanfaat dan Selamat melaksanakan perjalanan dengan bus jangan lupa tetap utamakan keselamatan.