Dibandingkan Produsen sebelah HINO dan Mercedez Benz memiliki nilai yang baik dari segi penjualannya, alasannya yakni keduanya menunjukkan produk yang terjangkau untuk para perusahaaan. Nilai kualitas produknya pun tidak diragukan lagi.
Dan, yang akan kali ini aku bahas yakni perbandingan antara HINO dengan instruksi RK8 dengan Mercedez Benz OH1526, alasannya yakni keduanya digadang gadang memiliki performa yang sama. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai spesifikasi kedua chasis ini mari kita simak artikel berikut ini.
HINO RK Dan OH1526
1. MESIN
Jika dilihat dari sisi mesin yang dipakai HINO RK8 yaitu J08E-UF dan Mercedez benz OH1526 yaitu OM906LA, keduanya memiliki tenaga yang lumayan besar yaitu 260 Hp alias Horse Power, Namun Mercedez Benz OH1526 bisa meraihnya di 2200 rpm sedangkan HINO RK8 dapat meraihnya ketika 2500rpm.
Perbandingan antara HINO RK8 dan Mercedez benz OH1526 juga dapat dilihat dari cc yang berbeda yaitu 6374cc untuk MB OH 1526 sedangkan cc HINO RK lebih besar yaitu 7684cc. Namun OH1526 menerima torsi sebesar 950nm pada 1200-1600rpm, Jauh berbeda dengan HINO RK yang menghasilkan 750 nm pada 1500rpm.
HINO RK
- Model: J08E-UF
- Tipe: Diesel 4 Stroke, 6silinder in line turbocharger inter cooler
- Tenaga Maksimal: 260ps per 2500rpm
- Torsi Maksimal: 750nm per 1500rpm
MB OH1526
- Model: OM906LA
- Tipe: Diesel 4 Stroke, 6silinder in line turbocharger inter cooler
- Tenaga Maksimal: 260ps per 2200rpm
- Torsi Maksimal: 950nm per 1500rpm
2. Standar Emisi
OH1526 |
Jika dilihat dari Standar emisi RK kalah dengan MB Oh1526 yang memakai Euro 3 sedangkan RK memakai Euro 2. Namun nyatanya hal inilah yang membuat RK lebih unggul dibandingkan dengan MB OH1526. Mengapa...? alasannya yakni di Indonesia kualitas Solar kurang cocok dengan Emisi EURO 3 sehingga harus sering sering mengganti filter materi bakar. berbeda dengan HINO RK yang memakai teknologi Konvensional, walaupun masih EURO 2 tapi bisa dijamin keawetan filter materi bakar.
HINO RK8
- Standar Emisi: EURO 2
MB OH1526
- Standar Emisi: EURO 3
3. Suspensi
HINO RK8 |
kedua chasis ini masing masing menggunakan suspensi tipe Leaf Spring yang cukup nyaman dibidang peredaman. Bedanya, Mercedez Benz OH1526 dilengkapi dengan peredam kejut dan stabilizer untuk mengatisipasi gejala body roll dikala menikung maupun menanjak.
menurut testimoni yang pernah menggunakan 2 chasis ini, mereka mengatakan bahwa suspensinya sangat soft alias lembut, hal ini besar lengan berkuasa terhadap kenyamanan Penumpang. walaupun masih kalah dengan 1518 dan 1521 yang sangat mental mentul, RK8 dan OH1526 sudah cukup untuk membuat penumpang puas.
HINO RK8
- Suspensi: Rigid Axle With Semi Elliptic Leaf Spring
MB OH1526
- Suspensi: Leaf Spring trapesodial dengan peredam kejut with stabilizer
4. DIMENSI
DIlihat dari keadaan fisik kedua chasis ini memiliki ukuran yang hampir sama persis satu sama lain, namun jikalau dilihat lebih jeli Mercedez Benz Oh1526 lebih panjang 20cm daripada HINO RK. kelebihan Mercy yang lainnya juga terlihat dari volime tank materi bakar yang bisa memuat penuh 300 liter sedangkan RK hanya 270 liter. Konfigurasi berat chasis ini juga memiliki perbedaan dimana Mercy 15 ton sedangkan RK 14 ton.
HINO RK
- Jarak Sumbu Roda: 6000mm
- Panjang total: 11270mm
- Lebar: 2440mm
- Lebar jejak belakang: 1840mm
- Lebar Jejak depan: 2040mm
- Julur Depan: 2200mm
- Julur belakan: 3070mm
MB OH 1526
- Jarak Sumbu Roda: 5960mm
- Panjang total: 11500mm
- Lebar: 2498mm
- Lebar jejak belakang: 1882mm
- Lebar Jejak depan: 1961mm
- Julur Depan: 2200mm
- Julur belakan: 3070mm
5. Lainnya
Perbedaan yang mendasar kedua chasis ini bukan hanya dilihat dari segi mesin, emisi, suspensi, maupun dimensi, perbedaan kedua jenis chasis ini juga dapat dilihat dari kapasitas Oli, dimana Mercy hanya 28 Liter sedangkan HINO RK Hanya 12,7 liter padahal mesin lebih besar dari pada Mercy.
HINO RK8
- Kopling: Single Dry Plate, With Coil Spring
- Tipe Kemudi: Integral Power Steering
- Transmisi: Manual 6 Tingkat Percepatan
- Radius Putar: 9.2
- Rem Utama: Full Air, with two circuit
- Rem Parkir: Spring Brake
- Rem Mesin: With on Exhaust Pipe
MB OH1526
- Kopling: Single Dry Plate, With Coil Spring
- Tipe Kemudi: Integral Power Steering ZF 8097
- Transmisi: G85-6, Manual (6Maju 1 mundur)
- Radius Putar: 9.44
- Rem Utama: Full Air, with two circuit
- Rem Parkir: Spring Brake
- Rem Mesin: With on Exhaust Pipe
Etelah melihat spesifikasi kedua chasis ini, mungkin kau sudah dapat menilai mana yang lebih baik alasannya yakni setiap setiap orang memiliki pendapat yang berbeda beda, nah jikalau menurut aku RK menang pada tenaga sedangkan MB OH1526 lebih unggul pada segi kenyamanannya.
Mungkin itu saja artikel tentang Perbandingan Performa HINO RK8 Dengan Mercedes 1526 agar bermanfaat, jikalau terdapat kata kata aau pernyataan yang kurang paham silakan komentar di kolom yang sudah disediakan.
Mungkin itu saja artikel tentang Perbandingan Performa HINO RK8 Dengan Mercedes 1526 agar bermanfaat, jikalau terdapat kata kata aau pernyataan yang kurang paham silakan komentar di kolom yang sudah disediakan.