Dalam Acara ini, PT Astra ISUZU Motor Indonesia mengusung Body HDD2+ Adiputro sebagai model bus diatas Chasis ISUZU LT 134. Respon baik dari beberapa elemen pun bermunculan dari para bismania, pengusaha Otobus, maupun orang awan dengan adanya chasis ini.
ISUZU LT 134 di gadang gadang merupakan chasis sekelas hino R260 atau RK dan Mercedes Benz OH 1526, didalam chasis ISUZU terdapat banyak fitur dan keunikan, nah apa saja istimewanya ISUZU LT 134 ini, untuk itu mari kita simak ihwal Spesifikasi Chasis ISUZU LT 134 sang rival RK.
Spesifikasi Chasis ISUZU LT 134
1. Mesin
Chasis ISUZU LT 134 menggendong mesin diesel Isuzu bertipe 6HK1-TCN Heavy duty Common Rail system berkapasitas 7,790cc sehingga mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 250 hp (Horse power) pada 2400 rpm dan torsi maksimal sebesar 75 kmg pada 1450-2400rpm.
dengan sistem commonrail, mesin ini bisa menghemat materi bakar. hal ini sangat menguntungkan bagi pengusaha otobus untuk mengurangi biaya operasional pada bus yang memakai chasis ini.
dengan tenaga 250-260 hp chasis ini setara dengan 2 chasis yang sudah terlebih dahulu mengisi jalanan indonesia yaitu HINO RK8 dan Mercedez Benz 1526 yang ketiganya memiliki Hp kisaran 150-260 hp dengan mesin berkapasitas sekitar 6000-7000cc.
- MODEL: 6HK1-TCN
- TYPE: Water cooled turbo charger with Inter Cooler & EGR, Diesel 4 Stroke, 6 sylinder, OHC (Direct Injection)
- Tenaga Maksimal: 250hp per 2400 rpm
- Kapasitas Silinder: 7790cc
- Torque Maximum: 704nm per 1500 rpm
- Emisi: Euro 3
Jika dibandingkan kompetitornya yaitu RK8 dan Mercedes benz 1526 ISUZU 134 memiliki tenaga lebih rendah namun mesin pada ISUZU LT 134 sudah memenuhi Standar Emisi Euro 3 yang lebih unggul dibadingkan HINO RK yang masih menggunakan Standar Emisi EURO 2.
2. Pengereman
pada Chasis ISUZU LT 134 sistem pengeremannya memanfaatkan sistem hidrolik yang sangat nyaman bagi penumpang alasannya yakni pada rem hindrolik sangat lembut dan tidak mengakibatkan Goncangan.
Sepertinya ISUZU versi luar negeri memiliki banyak vitur menarik yang tidak ada di dalam ISUZU dalam negeri salah satunya ialah retarder yaitu dimana sistem pengereman tidak memanfaatkan gaya gesek namun memperlambat laju kendaraan.
- REM UTAMA: Full Air, Dual Circuit, S-Cam Type with Auto Slack Adjuster.
- REM PARKIR: Spring Actuator On Rear Wheels, fail safe.
- REM MESIN: Inter Locking Actuator for exhaust Brake & Foot Brake with canceling switch. Electro-Pneumatic with butterfly Value in Exhaust pipe.
3. Kemudi
Chasis ISUZU LT 134 memiliki kemudi akhir gear ratio 557 dan memiliki radius putar minimum sebesar 10,3 meter dan memiliki daya tanjak 38 Derajat. dengan bekal volume materi bakar 280 liter chasis ini cocok untuk bus AKAP jarak jauh.
- TIPE: Power Steeering, Re Circulating Ball with Tipe hidraulic Booster.
- Radius Putar: 10,3 meter.
4. SUSPENSI
Pada Chasis ISUZU LT 134 sudah dilengkapi Air suspension untuk menunjang kenyamanan para penumpang, Setiap rodanya sudah dilengkapi suspensi udara sektor inilah yang menjadikan ISUZU LT 134 lebih unggul dibandingkan 2 rival nya yaitu RK dan MB 1426 yang masih menggunakan Leaf Spring.
- Suspension: Full Floating Banjo Type Axle With Air Suspension.
5. DIMENSI
- Jarak Sumbu Roda: 5,7m
- Panjang Total: 11900mm
- Lebar: 2,5M
- Lebar jejak Depan: 1980mm
- Lebar Jarak Belakang: 1790mm
- Julur Depan: 1930mm
- julur Belakang ROH: 2960mm
- Ban dan Velg: 11-R22.5-14 P R
Dilihat dari Spesifikasi yang sudah aku tuliskan diatas, chasis ISUZU LT 134 masih kelas Big Bus medium atau dibawah Premium, tapi dengan teknologi Commonrail chasis ini sudah bisa untuk bermmain jilanan Indonesia.
Jika kau berminat dan jatuh hati pada chasis ini, harga yang dibandrol untuk satu unitnya sekitar 6.00.000.000-650.000.000. Dalam program GIIAS 2017 chasis ini menggedong body HDD Adiputro milik PO. Fajar Timur dengan livery dominasi merah ditambah SPG yang indah sangad :v.
Dalam Acara GIIAS 2017, PT Astra ISUZU Motor Indonesia secara resmi memasarkan produk sasisnya kepada Perusahaan otobus yang berminat, Kehadiran Chasis ini menjadi warna gres didunia transportasi Indonesia.
Mungkin Itu saja Artikel mengenai Spesifikasi Chasis ISUZU LT 134 yang gres saja dipamerkan pada program GIIAS 2017, agar bermanfaat dan jangan lupa share.